Rencana Pembelajaran Semester Ganjil 2018/2019
Mg Ke- | Kemampuan Akhir
Sesuai tahapan belajar (CP-MK) |
Materi Pembelajaran
[Pustaka] |
MetodePembelajaran
[EstimasiWaktu] |
Asesmen | ||
Indikator | Bentuk | |||||
KONSEP RANGKAIAN LISTRIK
[C2, P2, A2] Mampu Memahami (Menjelaskan) Satuan internasional untuk rangkaian listrik [C2, P2, A2] Mampu Memahami (Menjelaskan) definisi atau istilah dasar kelistrikan |
||||||
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan | 1. Konsep Dasar Kelistrikan
1. Definisi Besaran dalam Rangkaian Listrikan yang meliputi Arus, tegangan, daya, dan energi 2. Satuan Internasional Kelistrikan 1. Pengenalan Satuan Internasional 2. Satuan Kelistriakn yang Digunakan 3. Konversi Suatu bilangan dalam Satuan Internasional untuk Kelistrikan
|
o Tatap Muka
o Pemutaran video o Diskusi [TM: 3x(3×50’)]
|
1. Ketepatan memahami definisi Arus, tegangan, daya, dan energy
2. Ketepatan memahami satuan kelistikan internasonal 3. Ketepatan dalam konversi dalam besaran kelistrikan internasional |
Presentasi (ppt atau tulisan)
|
|
PENGENALAN KOMPONEN
[C4, P3, A2] Mampu Memahami Karakteristik Komponen Dasar RLC, fungsi, dan Kegunaannya |
||||||
2 | Mahasiswa mampu Menjelaskan
|
Pengenalan Komponen Pasif RLC dan Karakteristiknya
a. Pengenalan komponen RLC ( Resistor, Induktor, dan Kapasitor) berikut karakteristik dasar kelistrikannya. b. Pengenalan standar nilai komponen RLC yang ada di pasaran berikut cara penghitungan nilainya.
|
Tatap muka dan diskusi
Penugasan
|
1. Ketepatan menghitung komponen resistor, konduktor, dan kapsasitor.
2. Ketepatan menghitung ekivalensi komponen resistor, capasitr, dan inductor dalam rangkaian, baik seri ataupun parallel. |
Tugas
|
|
dst | ||||||
KONSEP DC DAN PRAKTIKUM PENGENALAN KOMPONEN
[C4, P3, A2] Mampu Melakukan perangkaian komponen RLC dalam bentuk Seri ataupun Parallel [C4, P3, A2] Mampu mehamai dan menerapkan hukum-hukum dasar kelistrikan dalam rangkain listrik |
||||||
3 | Mahasiswa mampu Mempraktikan dan menjelaskan
|
Praktik pengenalan komponene RLC
a. Mampu mengidentifiaksi nilai komponen secara visual. b. Mengukur nilai komponen dengan menggunakan alat ukur. c. Memasang komponen dalam rangkaian baik secara seri atau parallel dan melakukan pengukuran. |
Tatap muka, diskusi, dan simulasi software | 1. Kemampuan merakit komponen resistor dalam rangkaian
2. Kemampuan dalam menggunakan alat ukur dengan baik dan benar |
||
PEMBAGI ARUS DAN PEMBAGI TEGANGAN DAN PRAKTIKUM PENGUKURAN ARUS DAN TEGANGAN
[C4, P3, A2] Mampu Memahami Konsep Pembagi arus dan pembagi tegangan [C4, P3, A2] Mampu Melakukan pengukuran arus atau tegangan pada rangkaian pembagi arus dan tegangan |
||||||
4 | Mahasiswa mampu melakukan pengukuran dan dapat menjelaskan
|
Konsep DC, Pembagi Arus dan Tegangan DC
a. Pengenalan hukum-hukum dasar dalam rangkaian listrik b. Pembagi arus dan tegangan pada rangkaian seri c. Pembagi arus dan tegangan pada rangkaian parallel d. Praktik pengukuran arus dan tegangan
|
Tatap muka, diskusi, simulasi software, dan praktik | 1. Kemampuan dam melakukan perhitungan rangkaian pembagi arus.
2. Ketepatan melakukan perhitungan rangkaian pembagi tegangan |
Uji Kompetensi 1 | |
ANALISIS NODE DAN MESH
[C4, P3, A2] Mampu Memahami Konsep Analisis Node dan Mesh dalam Rangkaian Listrik |
||||||
5,6 | Mahasiswa dapat memahami dan melakauakan | Analisis Node dan Mesh
a. Pengenalan node analisis untuk pemecahan masalah dalam rangkaian listrik b. Pengenalaan mesh (loop) analisis untuk pemecahan masalah dalam rangkaian listrik. |
Tatap muka, diskusi, dan simulasi software | 1. Kemampuan menganalisa rangkaian dengan metoda Node
2. Ketepatan menganalisa rangkaian dengan metoda Mesh |
Uji Kompetensi 2 | |
TEOREMA SUPERPOSISI, THEVENIN-NORTON DC DAN PRAKTIKUM THEVENIN-NORTON
[C4, P3, A2] Mampu Memahami teorema Superposisi, Thevenin-Norton pada rangkain listrik sumber dc [C4, P3, A2] Mampu Melakukan pengukuran dengan teorema Superposisi, Thevenin-Norton pada rangkain listrik sumber dc |
||||||
7,8,9 | Mahasiswa dapat memahami dan melakauakan | Teorema Superposisi dan Thevenin-Norton DC
a. Pengenalan Theorema Superposisi untuk solusi permasalahan rangkaian listrik b. Penggunaan Thevenin untuk solusi rangkaian listrik berikut ekivalen rangkaiannya c. Penggunaan Northon untuk solusi rangkaian listrik berikut ekivalen rangkaiannya. d. Praktik Theorema Superposisi, Thevenin-Norton |
Tatap muka, diskusi, simulasi software, dan praktik
Penugasan |
1. Ketepatan menerapakan teorema Superposisi, thevenin-Norton untuk menganalisa rangkaian.
2. Ketepatan perhitungan dengan benar menggunakan teorema superposisi |
Uji Kompetensi 3 | |
KONSEP AC
[C4, P3, A2] Mampu Memahami konsep kelistrikan dalam sumber ac |
||||||
10 | Mampu memahami dan Menjelaskan | Konsep dan hukum dalam Rangkaian AC
a. Pengenalan Konsep dasar rangkaian listrik sumber AC. b. Pengenalan hukum-hukum dasar rangkaian listrik AC c. Konsep Phasor dan penggunaanya dalam rangkaian listrik AC |
Tatap muka, diskusi, dan simulasi software
Penugasan |
1. Kemampuan melakukan perhitungan rangkaian listrik dalam analisa AC dengan benar
2. Ketepatan dalam menggunakan alat ukur AC dengan benar |
Tugas/ quis | |
PEMBAGI ARUS DAN TEGANGAN AC
[C4, P3, A2] Mampu Memahami konsep pembagi arus dan tegangan pada sumber AC |
||||||
11,12 | Mampu memahami dan Menjelaskan | Konsep pembagi arus dan tegangan
a. Pembagi arus dan tegangan sumber AC pada rangkaian Seri. b. Pembagi arus dan tegangan sumber AC pada rangkaian Parallel |
Tatap muka, diskusi, dan simulasi software
Penugasan |
1. Ketepatan melakukan perhitungan rangkaian pembagi arus ac.
2. Ketepatan melakukan perhitungan rangkaian pembagi tegangan ac. |
Uji Kompetensi 4 | |
ANALISIS NODE DAN MESH AC
[C4, P3, A2] Mampu Memahami konsep node dan mesh pada sumer AC |
||||||
12,13 | Mampu memahami dan Menjelaskan | Analisis Node dan Mesh Sumber AC
a. Pengenalan node analisis untuk pemecahan masalah dalam rangkaian listrik sumber ac. b. Pengenalaan mesh (loop) analisis untuk pemecahan masalah dalam rangkaian listrik sumber ac. |
Tatap muka, diskusi, dan simulasi software
Penugasan |
1. Kemampuan menganalisa rangkaian dengan metoda Node
2. Kemampuan menganalisa rangkaian dengan metoda Mesh |
Tugas/Kuis | |
PRAKTIKUM PEMBAGI ARUS DAN TEGANGAN AC DAN ANALISIS NODE DAN MESH
[C4, P3, A2] Mampu melakukan pengukuran rangkaian listrik sumber AC dengan pembagi arus dan tegangan [C4, P3, A2] Mampu melakukan pengukuran rangkaian listrik sumber AC dengan analisis node dan mesh |
||||||
14 | Mahasiswa dapat memahami dan melakauakan | Praktik penggunaan Software Simulasi
a. Simulasi pengukuran pembagi arus dan tegangan dengan sumber AC b. Simulasi rangkaian listrik dengan node analisis c. Simulasi rangkaian listrik dengan mesh (loop) analisis |
1. Ketepatan menggunakan software simulasi dengan baik dan benar.
2. kemampuan mensimulasikan rangkaian dengan tepat
|