2015/2016

Usulan topik Tugas Akhir S1 Teknik Elektro/Telekomunikasi (Waktu Pengerjaan 6 Bulan):

1. IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK MENGGUNAKAN I/FFT 64 TITIK BERBASIS FPGA (IMPLEMENTATION AND ANALYSIS OF A VISIBLE LIGHT COMMUNICATION SYSTEM USING 64-POINT I/FFT BASED ON AN FPGAby Muhammad Sagif Shahab (1105110008)

2.

Usulan topik Proyek Akhir D3 Teknik Telekomunikasi (Waktu Pengerjaan 6 Bulan):

  1. IMPLEMENTASI RADIO STREAMING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (An Implementation of Streaming Radio Using Visible Light Communication Technology) by RACHMAT HIDAYAT ASHARY (6305130062) – lulus 2016
    Deskripsi Singkat :
    Radio Internet merupakan teknik penyiaran data audio digital menggunakan jaringan IP. Teknologi VLC memungkinkan pengiriman data digital melalui LED yang memancarkan cahaya di spektrum cahaya tampak. Pada penelitian proyek akhir ini akan diimplementasikan sebuah perangkat pengirim berbasis VLC yang dapat mengirimkan data audio digital dari suatu sistem Radio Internet. Perangkat pengirim terdiri dari rangkaian elektronika dengan susunan LED tertentu yang diantarmukakan dengan sistem mikroprosesor/mikrokontroler untuk mengirimkan data dari jaringan IP.

  2. PERANCANGAN LAMPU PENERANGAN RUMAH SEBAGAI PENGIRIM VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (Home Lighting Design as VLC Transmitter) by MUHAMMAD ADDIB MAHSUN (6305130049) – lulus 2016
    Deskripsi Singkat :
    Pada penelitian proyek akhir ini dirancang suatu perangkat lampu penerangan rumah berbasis LED yang juga berfungsi sebagai pengirim data digital menggunakan teknologi Visible Light Communication. Parameter intensitas cahaya akan mengacu pada standar lampu penerangan yang umum digunakan, sementara kecepatan pengiriman data akan disesuaikan dengan jenis data yang akan dikirim. Diharapkan judul ini dapat dikerjakan bersama-sama dengan judul ke-3 di bawah ini.

  3. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PENERIMA DATA DIGITAL TEKNOLOGI VISIBLE LIGHT COMMUNICATION DENGAN KECEPATAN 1 Mbps (Design and Implementation of 1 Mbps Visible Light Communication’s Digital Data Receiver) by SUHADI NATA (– lulus 2016
    Deskripsi Singkat :
    Sebagai penerima data yang dikirimkan pada judul ke-2, dirancang dan diimplementasikan perangkat penerima data digital berbasis susunan Photodioda yang diharapkan dapat menerima data hingga kecepatan 1 Mbps. Perancangan mencakup rangkaian elektronika penguat dan pengkondisi sinyal agar dapat mencapai kecepatan yang diharapkan.

  4. IMPLEMENTASI PERANGKAT INTERNET OF THINGS UNTUK PENGIRIMAN DATA SENSOR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VLC (An Implementation Internet of Things Device for Transmitting Sensor Data using VLC Technology)
    Deskripsi Singkat :
    Teknologi Internet of Things yang ada sekarang ini kebanyakan menggunakan teknologi nirkabel di frekuensi radio sebagai media pengiriman datanya. Pada penelitian tugas akhir ini, pengiriman data beberapa (minimal 6 jenis) sensor analog dan/atau digital diimplementasikan menggunakan teknologi Visible Light Communication ke penerimanya sehingga dapat ditampilkan melalui sebuah aplikasi web. Diharapkan data dapat dikirimkan ke internet melalui platform IoT seperti geeknesia.com.

  5. IMPLEMENTASI PERANGKAT OTOMASI RUMAH MELALUI SISTEM VLC (An Implementation of Home Automation Device through VLC System)
    Deskripsi Singkat :
    Implementasi perangkat otomasi rumah yang melibatkan beberapa (minimal 4 sensor) yang mengirimkan dan menerima data melalui teknologi VLC akan dilakukan untuk memonitor serta mengontrol beberapa perangkat listrik yang ada di rumah. Sistem VLC menggunakan rangkaian LED dan Photodioda untuk mengirimkan dan menerima data agar dapat mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa perangkat listrik yang ada di rumah.

  6. IMPLEMENTASI PERANGKAT VLC PADA SEPEDA MOTOR UNTUK KOMUNIKASI ANTAR KENDARAAN (An Implementation of VLC Devices on Motorbike for Vehicle-to-vehicle Communication)
    Deskripsi Singkat :
    Teknologi VLC yang menggunakan lampu berbasis LED dan Sensor Cahaya sebagai penerima diterapkan pada sistem kelistrikan sepeda motor untuk melakukan komunikasi sederhana antar kendaraan. Data yang dikirimkan dapat berupa jarak, kecepatan atau yang lainnya untuk meningkatkan keamanan penggunaan sepeda motor.

  7. PERANCANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI PENERIMA DATA VLC MENGGUNAKAN KAMERA PADA TELEPON PINTAR (Android Application Design for VLC Data Receiver using Smartphone Camera)
    Deskripsi Singkat :
    Sebuah program aplikasi berbasis sistem operasi android untuk penerimaan data melalui sistem Visible Light Communication dirancang menggunakan bahasa pemrograman C atau Java. Perancangan aplikasi bisa juga menggunakan teknik kode blok menggunakan aplikasi AppInventor 2 dari MIT. Penerapan aplikasi akan diujicobakan minimalnya pada pengiriman data sensor pada sistem otomasi rumah, maksimalnya pada penerimaan radio streaming.

8. PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PEMANCAR DAN PENERIMA DATA AUDIO DIGITAL MELALUI CAHAYA TAMPAK (Design and Realized Equipment Tranceiver Data Audio Digial Using Visible Light)  by MUHAMMAD HIDAYAT ABIBI (6305130028) – lulus 2016

Deskripsi Singkat :

  1. Judul lain yang sesuai dengan minat anda seputar topik Visible Light Communication dapat diajukan dan didiskusikan langsung.

Bagi mahasiswa yang berminat serius silahkan hubungi saya di : 08170902971 atau di email : [email protected] atau melalui form di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.